Monday, January 15, 2018

Mengapa Monetasi Channel Youtube Desember 2017 Sangat Lama


Bagi beberapa youtuber yang mengajukan program monetasi adsense pada channel youtubenya pada bulan November-Desember 2017 mungkin sedang kecewa. Mengapa? Karena banyak info dari beberapa grup kalau peninjauan yang awalnya hanya butuh waktu paling lama 1 minggu, tapi sampai saat ini masih belum ada jawaban dari pihak youtube.  Apa mungkin ini siklus akhir tahun yang mana seperti tahun lalu pihak youtube sedang melakukan bersih-bersih untuk channel-channel yang dianggap spam.

Seperti sudah saya sebutkan di atas yang mana masa peninjauan biasanya paling lambat 1 minggu sudah ada jawaban apakah ditolak atau di approve. Namun pada akhir tahun 2017 ini, peninjauan channel setelah 10.000 tayang berlangsung lebih lama dari biasanya. Yang biasanya memakan wakhtu maksimal 1 minggu, kini bisa lebih lama, bahkan ada yang sampai 3 bulan belum juga ada keputusan / balasan dari pihak Youtube.

Baca Juga :  Peraturan Baru Program Monetasi Youtube

Untuk melihat status peninjauan channel, kita bisa melihatnya di CREATOR STUDIO - CHANNEL - MONETISASI.

Di halaman itu kita bisa melihat status peninjauan channel kita:

Channel sedang ditinjau.

Selamat, channel Anda telah mencapai 10.000 penayangan! Sekarang channel tersebut sedang ditinjau untuk memastikan kepatuhannya terhadap persyaratan Program Partner YouTube dan Pedoman Komunitas kami. Keputusannya akan kami sampaikan melalui email, biasanya dalam waktu 1 minggu.

Permohonan untuk Program Partner YouTube memerlukan waktu pemrosesan yang lebih lama dari biasanya. Semoga kami bisa segera meninjau permohonan Anda. Terima kasih atas kesabaran Anda.

Berikut adalah contoh email balasan dari pihak youtube mengenai peninjauan program monetasi adsense untuk channel youtube yang sudah mencapai views 10k.

"Terima kasih karena telah menghubungi dukungan email YouTube, dengan saya Dean dan saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda. 

Sebelumnya saya ingin meminta maaf sekali atas masalah keterlambatan dalam peninjauan pada channel Anda. Untuk saat ini, pengajuan permohonan memerlukan waktu pemrosesan yang lebih lama dari biasanya. Semoga kami bisa segera meninjau pengajuan permohonan Anda. Pihak kami akan mengirimkan email sesegera mungkin setelah keputusan dibuat. Anda dapat memeriksa status pengajuan kapan saja di tab Monetisasi di Creator Studio. Sementara itu, tetaplah fokus untuk membuat konten orisinal dan meningkatkan jumlah penonton Anda.

Dan Anda tidak perlu khawatir karena saya telah memeriksa channel Anda dan channel Anda tidak ada pelanggaran hak cipta. Mohon bersabar beberapa hari lagi untuk peninjauan pada channel Anda.

Atas kesabaran dan pengertian Anda saya ucapkan terima kasih.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silahkan menghubungi kami kembali."

Salam hangat,

Google YouTube Team


EmoticonEmoticon