Monday, January 8, 2018

Peraturan Baru Youtube Untuk Monetasi Channel Berat Atau Tidak?

Bagi pemain youtube pemula mungkin sebagian besar banyak yang belum mengetahui peraturan baru dari pihak youtube untuk syarat memonetasi channel. Ya, YouTube baru saja memperbarui peraturan pada program YouTube Partner nya kemarin 6 April 2017. Mulai hari ini setiap channel YouTube yang memiliki jumlah view akumulasi dibawah 10.000 tidak akan bisa mendaftar YouTube Partner Program.

Mengapa hal ini perlu diketahui? Karena YouTube kini tidak hanya menjadi wadah bagi pengguna untuk mempromosikan video hasil kreativitasnya, tetapi juga sebagai sumber pemasukan uang. Pendapatan ini bisa dilalui dengan YouTube Partner Program yang sudah ada sejak tahun 2007. Sayangnya, dari sekian YouTuber yang ada, banyak yang memanfaatkan program itu dengan curang, seperti mencuri dan mengunggah ulang video milik orang lain yang sudah pasti melanggar hak cipta. Dalam upaya memerangi plagiat, YouTube telah mengumumkan perubahan peraturan di YouTube Partner Program. 

Jadi Mulai sekarang, YouTuber tidak dapat mengaktifkan fitur monetize sampai video dalam saluran mereka mendapatkan 10 ribu kali ditonton untuk periode seumur hidup. YouTube percaya perubahan ini akan memberikan mereka kesempatan mengumpulkan informasi yang cukup untuk menentukan validitas suatu saluran. Ini juga memungkinkan mereka mengkonfirmasi apakah saluran tersebut sudah mengikuti pedoman dan kebijakan beriklan YouTube.

Baca Juga : Cancel Akun Adsense dibawah 1 Juta apakah Cair?

"Dalam beberapa pekan, kami juga akan menambahkan peninjauan untuk kreator baru yang mendaftar dalam YouTube Partner Program. Setelah kreator mencapai 10 ribu views seumur hidup di saluran mereka, kami akan meninjau aktivitas mereka terhadap kebijakan kami," tulis VP Product Management YouTube, Ariel Bardin.

Karena YouTube menjadi salah satu platform media online berbasis video yang terkenal dapat mendatangkan banyak uang bagi siapa saja yang berhasil meraih banyak views pada video yang diunggahnya, banyak orang-orang diluar sana yang memanfaatkan momen ini dengan membuat channel YouTube dan mengikuti kisah sukses para YouTuber lain.

Sayangnya mereka kerap tidak memperhatikan aturan main di YouTube dan kerap menggunggah video milik orang lain tanpa seizin pemilik hak cipta dan berfoya-foya mendapatkan keuntungan berupa uang dari perbuatannya tersebut.

Jika beberapa bulan yang lalu telah terjadi suspend besar-besara pada segelintir channel YouTube yang melanggar aturan, maka penambahan peraturan baru ini merupakan langkah lanjutan guna menciptakan ekosistem yang baik bagi para creator content original di YouTube.

Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap semangat untuk mengejar 10 ribu views pertama.


EmoticonEmoticon